Headlines News :
*

Sabtu, 11 Mei 2013

Mengenal KakaoTalk, Messenger Dari Korea



Mau ngebahas KakaoTalk, messenger dari Korea, kebetulan client perusahaan tempat gw bekerja.


Jujur gw belom pernah denger soal KakaoTalk sebelumnya, sampai kantor gw mendapatkan mereka sebagai client. Waktu pertama kali denger bahwa ini adalah aplikasi messenger, jujur gw skeptis. “Ha, ada messenger baru lagi? Apa nggak jenuh ya udah ada BBM, Whatsapp, Line?” Karena mereka adalah client dari kolega gw, jadinya gw berkesempatan untuk nyobain dan juga mengetahui beberapa fakta baru, misalnya, bahwa KakaoTalk (atau pendeknya ‘KaTalk’) adalah messenger terbesar saat ini di Korea. Saking ngetopnya, sudah lazim buat orang Korea untuk ngomong “KaTalk me!” (dan bukan “text me!”). Selain itu, KakaoTalk ini bener2 lintas platform – bisa jalan di BB, Android, iPhone, and Windows phone. Jadi bener-bener messenger universal buat semua.
Tetapi memang yang bikin berubah pikiran adalah saat nyobain langsung. Hal-hal yang menurut gw menarik dari KakaoTalk:
  • Stiker atau emoticon lucu2. Kekuatan KakaoTalk memang di stiker2 yang variatif banget. Ada yang kartun, ada yang menggunakan foto tokoh asli. Yang unik adalah emoticon animated, jadi emoticonnya gerak2 gitu.
Screenshot_2013-02-17-17-00-35 

  • Emoticon artis Korea. Buat yang doyan KPop, stiker artis ini lucu2 sih (ada Shinee, SNSD, Rainbow, PSY, dll). Gw yang gak doyan KPop aja seneng ada emote artis SNSD. Kyaaaa. Ini bener2 gak penting asli, tapi kalo ada temen yang bete, bisalah terhibur dengan gmbar2 stiker alay ini :D
Screenshot_2013-02-17-16-31-02Screenshot_2013-02-17-16-59-43
  • Stiker/emoticon konten lokal. Di KakaoTalk ada karakter emoticon yang dikembangkan lokal. Masak ada tokoh namanya Poci (Pocong Imut), atau artis lokal seperti Afgan. {GW PENGEN ADA STIKER SYAHRINI. Pasti cetar membahana banget!) Katanya sih KakaoTalk akan terus mengembangkan stiker seleb lokal (hmmm, kalo Farhat Abbas dijadiin stiker pada mau pake gak yaaa :D )
2013-02-07-20-47-38Screenshot_2013-02-16-18-21-11
  • Theme. Jadi tampilan jendela chat bisa diganti2 dengan memilih theme yang ada. Lumayan biar gak bosen ngeliat tampilan messengernya.
Screenshot_2013-02-17-17-07-41
  • Voice message. Tombolnya sudah tersedia di jendela chat, tinggal tekan, ngomong, langsung terkirim deh
  • Free call. Yang seru bisa KakaoTalk bisa dipake telponan (voice call gratis), bahkan sampai 5 orang loh. Tentunya jaringan harus bagus. Oh iya, saat ngobrol suara kita bisa diubah menjadi Talking Tom segala. Gak penting, tapi kocak aja.
  • Fungsi schedule. Jadi kita bisa bikin kalender janjian sesama teman pengguna KakaoTalk, dan masuk ke calendar.
  • Chatroom dengan jumlah peserta tak terbatas. Gw udah nyobain sendiri feature ini waktu bikin #LokakaryaJomblo di malam Valentine. Di suatu saat pernah ada 200 orang dalam satu chatroom! Jadi kebayang ini bisa mengakomodir kelompok teman berjumlah besar/komunitas.
Tentunya fitur2 standar lain tetap ada, seperti posting foto untuk share dengan teman2 chat, items store untuk menambah stiker/emote, dll. Ada game juga yang bisa dimainkan beradu dengan teman-teman, namanya Anipang.
Oh iya, ampir kelupaan. Ada satu fitur geje tapi kocak, yaitu ramalan cuaca. Ramalan cuacanya sih standar, tetapi setiap pagi kamu akan menerima laporan cuaca hari itu. Naaah, yang super gak pentingnya, ramalan cuacanya dibawakan oleh artis Korea. Bahkan artisnya menuliskan tip cuaca dengan Bahasa Indonesa (misalnya, “Jangan lupa bawa payuung”). DAN ITU ASLI TULISAN DOI LOH. SUPER GAK PENTING EMANG, tapi kece2 sih artisnya, jadi ya ga papa, hihihi.
Screenshot_2013-02-17-17-27-05 Screenshot_2013-02-17-17-27-42
Mungkin kalo gw bisa summary-in pengalaman chatting pake KakaoTalk: ada 1001 cara untuk mengekspresikan perasaan elo ke temen-temen elo. Lagi seneng, ngamuk, hepi, bete, semuanya bisa disampaikan dengan banyak cara, dari stiker-stiker yang kocak dan geje, atau pake muka artis, sampai voice note segala. Pokoknya dibanding BBM dan Whatsapp, ya ini jauh lebih seru.

Akhirnya dari sekedar iseng mau tahu karena kebetulan client kantor, sekarang gw jadi seneng beneran pake KakaoTalk ini. Pas lah buat oom-oom yang masih berjiwa alay kayak gw :D
Buat yang tertarik, coba aja dulu install. Ada di BlackBerry World, Android Play Store, iOS, dan Windows Phone juga. Gratis! Untuk informasi lebih lanjut, bisa follow @kakaoTalkINA. Oh iya, kalo mau langsung ngobrol sama perwakilan KakaoTalk, bisa follow Susie di @kakaosusie (kebetulan doi juga, ehem, kece). Tapi berhubung doi Korea asli, kalo mau nanya pake bahasa Inggris yaaaaa.
Selamat mencoba!

by

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda
Judul : Mengenal KakaoTalk, Messenger Dari Korea
Dipostkan Oleh : Unknown
Anda sedang atau telah membaca artikel Mengenal KakaoTalk, Messenger Dari Korea. Terima kasih atas kunjungan dan perhatiannya, Salam kenal dari Dee Kaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Cari Blog Ini

 
Support : Creating Website | DK Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Dlisen Kulon Blog - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template